Minggu, 11 Desember 2016

Prakamya



CONTOH PRAKAMYA dalam KEHIDUPAN SEHARI-HARI

A.    Pengertian Prakamya
Kemahakuasaan Tuhan yang disebut Prakamya, berasal dari kata “Pra Kama” yang artinya segala kehendak-Nya selalu terlaksana atau terjadi.  Kehendak atau keinginan Ida Sang Hyang Widhi tidak terbatas, dan tidak terjangkau oleh kemampuan daya pikir serta daya nalar makhluk-makhluk ciptaan beliau.

B.     Tujuan Prakamya
Tujuan untuk mempelajari Prakamya yang merupakan bagian dari Asta Aiswarya adalah  memberikan pembelajaran agar tidak berencana apalagi melakukan perbuatan yang tidak baik karena Ida Sang Yang Widhi Wasa maha tahu. Dengan Kehendak atau keinginan yang selalu terlaksana kita sebagaai umat manusia tidak bisa menentang kehendak beliau sebagai .Sang Maha Kuasa

C.    Prakamya dalam Kehidupan Keluarga
Setelah menikah setiap pasangan pasti menginginkan keturunan. Namun salah satu dari pasangan tersebut mempunyai kelainan seperti mandul, maka dokter akan menyatakan bahwa kemungkinan untuk hamil hanya sedikit. Akan tetapi, jika senantiasa berdoa kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa, dengan kehendaknya yang selalu terpenuhi mereka pasti dapat memiliki keturunan. Bahkan pasangan tersebut dapat memiliki keluarga yang harmonis.

D.    Contoh Prakamya dalam Kehidupan Bermasyarakat
Dalam setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda dan setiap pelanggaran adat istiadat memiliki sangsi yang berbeda pula. Misalnya salah satu warga diketahui memiliki perbuatan yang kurang baik seperti mencuri, sangsi yang deberikan bisa saja secara nyata seperti dikucilkan oleh masyarakat daerah tersebut atau bisa saja secara tidak nyata dengan mendapatkan dosa atau Karmaphala atau hukum karma yang dipercaya oleh umat Hindu. Sebenarnya Tuhan-lah yang berkehendak untuk menghukum orang yang memiliki perbuatan yang kurang baik tersebut melalui pengucilan oleh masyarakat sekitar agar dia memahami kesalahannya.

E.     Contoh Prakamya dalam Kehidupan Sekolah
Seorang siswa akan mengikuti sebuah perlombaan. Dia belajar dan berusaha dengan keras agar dia dapat memenangkan perlombaan tersebut. Dia berencana akan memberitahu dan memamerkan kepada semua orang bahwa dialah siswa yang paling pintar. Dengan tujuan yang tidak baik tersebut, yang akan membuat siswa itu sombong, jika Tuhan berkehendak, walaupun dia beruasaha sekeras mungkin dia belum tentu bisa memenangkan perlombaan tersebut
.
F.     Contoh Prakamya dalam Kehidupan Bernegara
Dalam kehidupan bernegara pasti ada orang yang menjalankan pemerintahan. Akan tetapi tidak semua orang yang menjalankan pemerintahan berprilaku jujur. Banyak orang yang yang bertugas memajukan kehidupan bernegara menyalahgunakan kedudukannya seperti melakukan korupsi. Sepandai-pandainya orang tersebut menyembunyikan perbuatannya pasti dapat diketahui oleh KPK (komisi pemberantasan korupsi). Hal itu dikarenakan Tuhan Yang Maha Esa berkehendak memberi hukuman melalui KPK agar orang tersebut menyadari dan mau bertanggung jawab atas perbuatannya

G.    Contoh Prakamya dalam Kehidupan Pemerintah
Setiap partai politik akan mencalonkan salah satu pasangan anggotanya pada pemilihan umum. Mereka akan bekerja sama agar pasangan tersebut berhasil memenangkan pemilihan umum untuk menjadi seorang pemimpin suatu daerah/Negara. Pemimpin yang terpilih dalam pemilihan umum akan berusaha memberi perubahan dan membawa daerah/Negara tersebut menuju kehidupan yang lebih baik dengan masyarakat yang sejahtera. Karena memiliki tujuan yang baik, jika Tuhan menghendaki maka pasangan yang dicalonkan dapat memenangkan pemilihan umum.

H.    Kesimpulan
Dari contoh-contoh Prakamya yang merupakan salah satu bagian dari Asta Aiswarya dalam kehidupan sehari-hari tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa semua kehendak Ida Sang Hyang Widhi selalu tercapai atau terpenuhi. Apapun yang dilakukan tidak dapat menentang kehendak beliau sebagai Sang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar