Minggu, 11 Desember 2016

artikel terkait dengan panca yama dan panca nyama brata



 

PANCA YAMA BRATA DAN PANCA NYAMA BRATA

A.   Pengertian Panca Yama Brata dan Panca Nyama Brata
Panca Yama Brata terdiri dari kata panca, yang artinya lima dan yama artinya pengendalian diri, serta brata (vrata) artinya keinginan atau kemauan. Panca Yama Brata adalah lima macam pengendalian diri secara lahir dari perbuatan yang melanggar asusila. Panca Nyama Brata artinya lima pengendalian diri yang bersifat batiniah.

B.   Tujuan Panca Yama Brata dan Panca Nyama Brata
Tujuan Panca Yama dan Nyama Brata yaitu untuk membina atau mengembangkan sifat-sifat bakti kepada tuhan melalui pengendalian kemauan, dan melakukan pantangan pantangan menurut ajaran Agama Hindu.

C.   Bagian-bagian Panca Yama Brata dan Panca Nyama Brata

1.      Panca Yama Brata
a.      Ahimsa, tidak melakukan kekerasan
Dengan kata lain ahimsa artinya suatu perbuatan yang tidak menyakiti. Kasih sayang dan tidak membunuh makhluk lain. Ahimsa adalah tidak semena-mena  menyakiti dan membunuh demi nafsu belaka, keuntungan pribadi, dendam, dan kemarahan (kroda), melainkan untuk tujuan pemujaan kepada Tuhan dan kepentingan umum.
Berikut berita terkait ajaran ahimsa:

Ada Tradisi "Ngelawar", Jelang Perayaan Galungan di Bali

http://assets.kompas.com/data/photo/2016/02/09/0916292IMG-20160209-071231780x390.jpg






Selasa, 9 Februari 2016 | 09:37 WIB//Warga potong hewan babi untuk membuat masakan Lawar menyambut Hari Raya Galungan
Satu hari menjelang Perayaan Galungan masyarakat Bali melakukan aktivitas membuat makanan khas Hari Raya Galungan yaitu lawar. Tradisi membuat lawar satu hari jelang Hari Raya Galungan disebut sebagai Hari Penampahan. Penampahan diambil dari kata "Nampah" atau memotong hewan untuk dijadikan masakan. Selain lawar, mereka juga menyisakan daging untuk buat sate.
Hal ini menunjukan penerapan dari ajaran Ahimsa. Babi yang dipotong bukan karena demi nafsu belaka melainkan untuk tujuan pemujaan kepada Tuhan.

b.      Brahmacari, masa menuntut ilmu/masa aguron-guron
      Brahmacari adalah tingkah laku manusia dalam menuntut ilmu pengetahuan terutama tentang ketuhanan dan kesucian.

Pastika: Sastra Bali Mengandung Nilai-nilai Luhur

Kamis, 29 September 2016
http://assets.kompas.com/data/photo/2016/09/27/1216173DSC-6566780x390.JPGARSIP HUMAS PEMPROV BALI Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membuka acara Utsawa Dharma Githa, di Denpasar, Selasa (27/9/2016).



Seni sastra mengandung nilai filosofis dan ajaran agama yang perlu dilestarikan. Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian seni sastra Bali adalah melalui kegiatan Utsawa Dharma Gita atau lomba nyanyian suci dalam agama Hindu.
Ketika masa menuntut ilmu atau masa Brahmacari banyak pengetahuan yang tidak kita dapatkan dari sekolah. Belajar tidak harus di sekolah tetapi juga dapat dilaksanakan di luar lingkungan sekolah.
c.       Satya, kesetiaan dan kejujuran
      Satya artinya benar, jujur dan setia
Adapun  lima macam satya yang disebut Panca Satya, yaitu :
a.       Satya Hredaya, artinya setia dan jujur terhadap kata hati.
b.      Satya Wacana, artinya setia dan jujur terhadap perkataan .
c.       Satya Semaya, artinya setia dan jujur terhadap janji.
d.      Satya Laksana, artinya setia dan jujur terhadap perbuatan.
e.       Satya Mitra, artinya setia dan jujur terhadap teman.
                  Berikut artikel terkait ajaran satya:
Kejujuran Siswa SMKN 1 Garut Jadi yang Utama pada Ujian Nasional Berbasis Komputer
Senin, 4 April 2016 09:34
Kejujuran Siswa SMKN 1 Garut Jadi yang Utama pada Ujian Nasional Berbasis Komputer
Sejumlah siswa SMKN 1 Garut tengah mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (4/4/2016).




Kepala Sekolah SMKN 1 Garut, Dadang Johar Arifin, mengatakan distribusi soal dari pusat tidak ada kendala dari jaringan internet. Menurut Dadang, untuk mengantisipasi adanya bocoran jawaban, pihaknya telah mengumpulkan telepon genggam milik siswa. Selain itu, pengumpulan telepon genggam agar para siswa bisa lebih fokus dalam mengerjakan soal UNBK.Masalah kejujuran, lanjut Dadang, memang harus diutamakan. Jangan hanya mengejar hasil namun tak mementingkan kejujutan. `
Hal ini menunjukkan bahwa kejujuran itu harus diterapkan dimana kita berada.
d.      Awyawaharika, melakukan usaha menurut dharma
Awyawaharika atau awywahara, artinya tidak terikat pada ikatan keduniawian. Ajaran awywaharika menjadikan orang rendah hati, sederhana, jujur, menyayangi bersama, berbudi luhur, tidak mengharapkan pujian, dan suka menolong tanpa pamrih.

Berikut artikel yang terkait ajaran awyawaharika:

PMI Peduli : Menolong Tanpa Batas, Berbagi Tanpa Pamrih

Menolong tidak sebatas hanya dengan memberi bantuan material tetapi juga bantuan moril.Menolong tidak sebatas hanya dengan memberi bantuan material tetapi juga bantuan moral.



Mungkin, sekarang ini masyarakat awam lebih mengenal PMI sebagai orang yang menjadi sarana masyarakat mendonorkan darah mereka. Tetapi PMI lebih tepatnya memberikan bantuan kemanusiaan yang lebih spesifik dan tidak terpusat pada bantuan darah. Melainkan juga bantuan kepada korban bencana maupun dapur umum.
Menolong orang tidak memiliki batasan, dalam ajaran agama Hindu menolong sesama tanpa pamrih disebut dengan awyawaharika.

e.       Astenya, tidak mencuri milik orang lain
      Asteya atau astenya artinya tidak mencuri atau tidak mengambil hak milik atau memikirkan untuk memiliki barang orang lain.
Berikut artikel terkait ajaran astenya:

Polisi Ringkus Spesialis Pencuri Sepeda Motor di Cawang

Description: http://assets.kompas.com/data/photo/2013/04/23/1451506-pelajar-curi-helm-bone-780x390.jpgRabu, 10 Agustus 2016 | 11:54 WIB

Polda Metro Jaya menangkap seorang spesialis pencuri kendaraan bermotor yang kerap beraksi di wilayah Cawang, Jakarta Timur. Adapun tersangka yang dibekuk polisi yakni, Zamroni alias Roni (33).



Hal ini mengajarkan bahwa kita tidak boleh mengambil hak milik orang lain.

2.      Panca Nyama Brata
a.      Akroda, tidak marah
      Akroda artinya tidak marah atau tidak mempunyai sifat marah atu mampu mengendalikan sifat-sifat marah.
Berikut artikel terkait ajaran akroda:

Belasan Sepeda Motor Terbakar dalam Amuk Massa di Lampung
Minggu, 2 Oktober 2016 02:00 WIB
Ilustrasi kebakaran (imdb.com)

Amuk masssa terjadi di areal perkebunan PT Bangun Nusa Indah BNIL, Tulangbawang, Lampung.




      Belasan sepeda motor rusak dan terbakar akibat amuk massa yang terjadi di areal perkebunan PT Bangun Nusa Indah Lampung (BNIL) di Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung, Sabtu (1/10/2016). Ribuan massa yang mengatasnamakan Himpunan Tani Korban Penggusuran BNIL (HTKPB) mengamuk dan mengobrak-abrik Pos PAM swakarsa PT BNIL.
      Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kota Lampunk tidak bisa mengontrol emosi, dalam ajaran Agama Hindu mereka tidak berhasil menerapkan ajaran Akroda.


b.      Guru Susrusa, hormat, taat dan tekun melaksanakan ajaran ajaran dari guru
      Guru susrusa artinya hormat , melaksanakan tuntunan dan bakti terhadap guru.
Siswa Aniaya Guru Dasrul Terancam 7 Tahun Penjara           
Image result for sidang penganiayaan terhadap guru di makassar
Sidang perdana kasus penganiayaan terhadap guru SMK Negeri 2 Makassar, Dasrul bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (14/9) kemarin. AM yang tak lain adalah siswanya sendiri duduk di kursi pesakitan. Ia yang menjadi terdakwa karena menganiaya gurunya sendiri, terancam 7 tahun penjara.
      Hal itu menunjukkan siswa tersebut tidak menghormati guru yang telah memberikan pelajaran terhadapnya. Dalam ajaran agama hindu siswa itu melanggar ajaran Guru Susrusa.

c.       Sauca, suci lahir batin
      sauca adalah kesucian dan kemurnian lahir dan batin.
Berikut artikel terkait ajaran sauca:
Suasana Umat Hindu Rayakan Hari Galungan di Bali
Rabu, 7 September 2016 09:49
Ini Suasana Umat Hindu Rayakan Hari Galungan di Bali
Umat Hindu menjalani persembahyangan dalam rangka Hari Raya Galungan, Rabu(7/9/2016) 



Umat Hindu di Kota Denpasar melakukan ritual persembahyangan dari mulai pura keluarga hingga Pura Agung Jagadnatha yang merupakan pura besar di setiap kabupaten dan kota di Bali.
            Hal ini dilakukan untu menyucikan diri dengan melakukan persembahyangan  memusatkan pikiran ke hadapan Ida Hyang Whidi Wasa.
d.      Aharalaghawa, memilih makan yang baik untuk tubuh kita serta makan dan minum yang teratur untuk mencapai kesucian lahir batin
            Aharalaghawa artinya makan yang serba ringan, tidak berfoya- foya dan tidak berlebihan dengan makan sesuai kemampuan tubuh. Aharalaghawa juga berarti mengatur cara makan dan makanan sebaik baiknya.
Bupati Biak Cabut Izin Penjualan Minuman Beralkohol
Kamis, 01 September 2016

Description: http://www.netralnews.com/foto/l/83359284931-ilustrasi_minuman_beralkohol_%28beritabekasi.co
 Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua terhitung 1 September 2016 telah mencabut dan membekukan 58 izin usaha penjualan minuman beralkohol di wilayah itu.
Hal ini dilakukan untuk mengurangi pemakaian minuman keras di masyarakat. Mengatur pola makan dan jenis makanan yang baik disebut dengan Aharalaghawa dalam ajaran Panca Nyam Brata.
e.       Apramada,  tidak sombong atau angkuh
            Apramada artinya tidak ingkar atau mengabaikan kewajiban dan mempelajari serta mengamalkan ajaran suci.

Dianggap Sombong, Parpol Tolak Yusril jadi Cagub DKI

Senin, 26 September 2016 11:34
Dianggap Sombong, Parpol Tolak Yusril jadi Cagub DKIWakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengungkapkan, partainya sempat mempertimbangkan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Tetapi hal itu ditolak karena Yusril dianggap memiliki pribadi yang sombong
Hal ini menunjukan bahwa tidak baik mempunyai sifat sombong karena kita tidak akan disenangi oleh banyak orang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar